Header Ads

Sunday, June 5, 2011

Kelulusan SMP/MTs di Rejang Lebong Capai 99,83 %



1 Siswa Nilai UN Mapel IPA Tidak Keluar

CURUP - Tercatat sebanyak 7 orang siswa SMP se RL yang gagal lulus ujian. Diantaranya, SMPN 1 Curup Tengah 2 siswa, SMPN 2 Sindang Kelingi 1 orang, SMPN 1 Selupu Rejang 2 orang, SMPN PGRI 2 Curup 1 orang, SMP Terbuka Kota Padang 1 orang. Dari ke 7 orang siswa tersebut, 1 siswa SMPN 1 Curup Tengah gagal karena Drop Out (DO) dan 1 orang lagi siswa SMPN 1 Curup Tengah, bermasalah dengan nilai UN matapelajaran (mapel) IPA, yang tidak keluar.

Dikatakan Kepala SMPN 1 Curup Tengah, Hambali,SPd, sebenarnya siswanya yang benama Jamaidi itu lulus ujian. Hanya karena nilai UN matapelajaran IPA-nya tidak keluar sehingga belum bisa dikatakan lulus. Oleh karenanya, Hambali mengatakan, pihaknya berupaya menyelesaikan masalah tersebut ke pihak Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Provinsi Bengkulu. Hambali menduga telah terjadi kekeliruan pemberian nilai. Pasalnya, siswanya yang DO atas nama Yuliana, justru mendapat nilai IPA. Padahal Yuliana tidak ikut ujian. Nilai IPA yang masuk ke daftar nilai Yuliana itu yakni 7 lebih. "Kalau ternyata nilai 7 lebih itu kepunyaan Jumaidi, berarti siswa kami itu lulus. Sekarang saja, sebenarnya sudah lulus. Hanya karena 1 mata pelajaran (mapel) IPA nya tidak keluar, maka belum bisa dikatakan lulus. Senin, akan saya kroscek dengan data-data lengkap," ujar Hambali kepada RPP.

Di sisi lain, tingkat kelulusan SLTP di RL tahun 2011 ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan mencapai 99,83 persen. Dibandingkan tahun 2010 hanya sekitar 92 persen, yang kemudian lulus 100 persen melalui Ujian Ulang. Termasuk nilai UN rata-rata mengalami peningkatan yang lebih baik. Dikatakan Kabid Dikdas Dinas Pendidikan (Disdik) RL, Drs Edi Yantoni, secara keseluruhan, RL berada di peringkat ke 3 se Provinsi Bengkulu. Sedangkan Nilai Akhir (NA) per sekolah, SMPN 1 Sindang Dataran berada di urutan 12 besar se Provinsi Bengkulu.

Di samping itu, hal yang menggembirakan, SMPN 1 Curup berhasil berada di urutan tertinggi se Provinsi Bengkulu. Sebab, nilai UN rata-rata SMPN 1 Curup ini tertinggi dibandingkan SLTP lainnya se Provinsi Bengkulu, dengan nilai total 36,11 dari 329 peserta.

Selain itu, 3 orang pelajar SMPN 1 berhasil meraih nilai UN tertinggi se Kabupaten RL, diantaranya, ranking 1, Maharani Rosehana Amanda Pranata nilai total 38,50, rankin 2 Rakhmah Audina nilai total 38,50 dan ranking 3 Febby Astria dengan nilai 38,45. Dengan demikian, Maharani berhak mendapatkan hadiah dari Bupati RL sebesar Rp 10 juta. "Rakhmah dan Maharani punya nilai sama. Tapi, kebijakannya dilihat dari nilai Ujian Sekolah. Nilai Maharani lebih tinggi dari Rakhmah, yakni Maharani 34,90 NA 37,10 nilai rata-rata 9,3 dan Rakhmah Nilai Sekolah 33,50 NA 36,50 dan nilai rata-rata 9,1," kata Edi.

Sementara Kepala SMPN 1 Curup, Riskan Efendi mengatakan cukup bangga dengan hasil nilai siswanya ini. Sebab, terjadi peningkatan yang signifikan. Dikatakan, upaya yang dilakukannya, selalu mengecek kepada guru-guru menanyakan perkembangan siswa dan apa kendalanya. "Selain itu, kita juga rutin melakukan bimbingan belajar," terangnya.(**)

No comments:

Back To Top