Header Ads

Thursday, August 12, 2010

'Pasar Bukoan' Curup Dipadati Pembeli


Sudah menjadi tradisi setiap bulan Ramadhan tiba. Di kawasan Pasar Atas dan Pasar Bang Mego Curup, Pemkab Rejang Lebong (RL) menyediakan lokasi untuk Pasar Bukoan. Pasar yang menjual aneka menu buka puasa itu, sejak pukul 15.00 WIB hingga menjelang buka puasa, dipadati oleh pembeli.

Ada ratusan pedagang musiman di Pasar Bukoan. Mereka ada yang hanya berjualan di saat bulan Ramadhan, ada juga yang memang pedagang pasar. Agar dapat berjualan Pemkab RL memberlakukan tarif retibusi Rp 75 ribu per kapling selama bulan puasa. Hari pertama pasar bukoan dibuka, antusias masyarakat untuk datang membeli menu bukoan juga tak kalah ramainya. Pembeli yang didominasi kaum hawa itu, berkeliling mengitari area pasar Bukoan. Melihat-lihat, hingga akhirnya memutuskan membeli menu buka puasa.

Menun yang ditawarkan beraneka ragam, dari menu yang jarang dijumpai hingga ke menu yang sering dijumpai sehari-hari. Seperti misalnya Lemang atau Lamang (dalam bahasa Minang), makanan yang terbuat dari beras ketan yang dicampur oleh santan. Kemudian dimasukkan ke dalam bambu muda, dan bambu muda dibakar hingga tidak terlalu gosong. Lamang semakin nikmat apabila dimakan bersamaan dengan tapai ketan hitam yang rasanya manis. Lemang ini menu khas bulan Ramadhan, walaupun tepat nikmat jika dimakan di hari-hari biasa, tapi lemang akan sulit ditemui di hari biasa, kecuali bulan Ramadhan. Tidak hanya lemang, di Pasar Bukoan juga kita bisa menemukan aneka makanan khas Palembang seperti Empek-empek, ada juga makanan khas Padang, Sala lauak, kue-kuean seperti kue lapir, bolu, dan sebagainya. Selain maan ringan, di Pasar Bukoan juga dijual beraneka ragam lauk pauk, mulai dari ayam goreng, ayam bakar, rendang, ikan bakar, kentang goreng, pindang dan sebagainya. Penjual aneka lauk pauk itu, biasanya hanya berjualan pada saat Ramadhan di Pasar Bukoan. Walau demikian, ada juga yang memang memiliki usaha warung makan.

Di samping makanan, kita juga dapat memilih aneka minuman yang nikmat ketika diminum pada saat buka puasa. Sepeti misalnya, es teles, es juice, es campur, es soup buah, es doger, es kelapa muda dan sebagainya. Mumpung masih suasan bulan Ramadhan, silahkan kunjungi Pasar Bukoan di Curup. Jangan heran jika banyak ditemukan aneka makanan, yang tidak akan bisa dijumpai pada bulan biasa, kecuali memang ada yang bersedia menjual pada saat hari-hari biasa (di luar Ramadhan).(Iman)

1 comment:

Anonymous said...

terakhir belanja disana pada bulan Ramadhan 2005... Curup, memori yang tak terlupakan... blognya ok pak..!! lanjut..

Back To Top